Cara Menyikat gigi dengan benar 

Cara Menyikat gigi dengan benar 

Tentang Menyikat Gigi

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali dalam sehari idealnya selama tiga menit setiap kali sikat gigi. Jika memungkinkan, sikatlah gigi Anda setiap habis makan tapi tunggu 30 menit setelah makan. Tujuan menyikat gigi adalah menghilangkan plak serta bakteri yang menempel pada gigi. Sikat gigi setelah makan sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang. Sebab akan ada asam penyebab gigi berlubang yang terjadi saat bakteri bersentuhan dengan makanan.

Tips menyikat gigi dengan benar

Ada beberapa tips menyikat gigi yang benar

  1. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  2. Jangan menempatkan pasta gigi sepanjang sikat gigi, tambahkan sikat gigi seukuran biji jagung di ujung sikat gigi. Pastikan Anda menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
  3. Gosok gigi dengan gerakan melingkar kecil, bersihkan gigi satu per Satu.
  4. Jangan tekan terlalu keras sikat gigi dan pastikan bulu sikat mencapai ruang di antara gigi
  5. Gosok bagian sisi kanan atas, sisi kiri atas, sisi kanan bawah, dan sisi kiri bawah selama masing masing 30 detik.
  6. Sikat lidah bagian depan dan belakang dengan lembut
  7. Setelah itu kumur dengan air, bilas sampai tidak ada busa atau sisa pasta gigi

Tips membilas mulut setelah sikat gigi

Air bersih bisa digunakan untuk membilas gigi yang masih ada busa atau sisa pasta gigi. Namun setelah membilas dengan air bersih, Anda bisa melanjutkan dengan memakai obat kumur. Kebanyakan orang hanya memahami bahwa obat kumur bermanfaat untuk mencegah bau mulut dan agar nafas lebih segar. Kenyataannya obat kumur juga mengandung antiseptic yang bisa membunuh semua bakteri penyebab plak dan penyakit gusi. Obat kumur memiliki kandungan klorheksidin dan bahan antibakteri yang dapat mengendalikan plak dan radang gusi. Sangat disarankan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride atau minyak esensial.

Apa yang harus diperhatikan saat menyikat gigi?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyikat gigi, diantaranya:

Perhatikan keadaan sikat gigi, segera ganti apabila rusak

Ganti sikat gigi lama dengan yang baru setiap tiga sampai enam bulan. Anda juga bisa mengganti sikat gigi apabila bentuknya rusak dan sudah berjumbai. Sikat gigi yang rusak tidak bisa membersihkan gigi dan menyebabkan gusi rusak.

Perhatikan kebersihan sikat gigi

Kebersihan sikat gigi perlu diperhatikan sebab sikat gigi rentan dihinggapi kuman yang apabila masuk ke gigi justru kuman tersebut bisa bersarang di dalam. Cara menjaga kebersihan sikat gigi cukup mudah cukup selalu bilas sikat gigi sampai bersih setelah digunakan. Simpan sikat gigi di tempat yang kering. Apabila saat menggosok gigi Anda merasakan sakit di gigi Anda maka segera ganti sikat gigi untuk mencegah bakteri yang telah bersarang di sikat gigi masuk kembali ke mulut Anda.

Gunakan pasta gigi berfluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu mencegah gigi berlubang. Kandungan fluoride lebih penting dibandingkan kandungan pemutih dan perasa. Fluoride dipilih sebagai bahan pembuat pasta gigi karena memiliki dampak positif yaitu bekerja melawan kuman yang menyebabkan pembusukan gigi dan melindungi gigi dari segara serangan bakteri.

Jangan tidur sebelum sikat gigi

Memang idealnya sikat gigi minimal dua hari sekali namun tidak boleh mengabaikan sikat gigi sebelum tidur. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari.

Itulah beberapa cara menyikat gigi dengan benar agar kebersihan mulut tetap terjaga, nafas segar, dan tidak bau mulut.

Related Post