Tips agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga

Tentang Gigi

Gigi dan gusi menjadi bagian penting dalam tubuh. Apabila kesehatan gigi dan gusi terganggu, maka aktivitas makan akan terganggu padahal makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari agar ada asupan nutrisi yang masuk demi menciptakan energi. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan gigi dan gusi agar kesehatannya tetap terjaga. Gigi dan gusi yang sehat membutuhkan perawatan seumur hidup. Jika Anda ingin memiliki gigi yang bagus dan gusi yang sehat, sangatlah penting untuk melakukan beberapa langkah yang tepat. Jadikan kegiatan merawat gigi sebagai kebiasaan sehari-hari yang wajib dilakukan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi menjaga kesehatan gigi dan gusi.

1. Sikat gigi dengan benar

Menyikat gigi menjadi hal yang wajib dilakukan. Gigi dan gusi akan sehat dan tetap bersih apabila rutin disikat sehari dua kali bahkan bila perlu lakukan setelah habis makan dan saat mau tidur. Sikatlah semua sisi gigi jangan sampai ada sisa-sisa makanan yang tertingal. Perlu adanya teknik dalam menyikat gigi agar tidak merusak jaringan lunak di sekitar gigi. Teknik yang tepat adalah bersihkan semua permukaan gigi di sepanjang garis gusi. Sikat semua sisi sampai bagian depan dan belakang. Jika Anda merasa capek harus menyikat gigi Anda bisa menggunakan sikat gigi elektrik.

2. Lakukan floss setiap hari

Floss dilakukan dengan bantuan benang gigi. Anda bisa melakukan floss tiap malam sebelum menyikat gigi agar kotoran kecil yang tidak bisa dibersihkan sikat gigi bisa hilang. Jadikan floss sebagai kebiasaan karena ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Sebab partikel kecil dari makanan atau hal lain yang tertinggal akan berkembang menjadi pembusukan. Lakukan floss selama dua menit sekali sehari paling idealnya.

Anda tidak perlu kaget saat gusi Anda sakit saat melakukan flossing. Itu hal yang wajar jika gusi sensitif merasa sakit sebab menggeser benang ke atas dan ke bawah di seluruh gigi menyebabkan gesekan yang terkadang menimbulkan nyeri.

3. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan pati

Kesehatan gigi dan gusi juga tergantung makanan apa yang dikonsumsi. Makan berbagai makanan boleh-boleh saja namun sebaiknya kurangi makan makanan yang mengandung gula dan pati. Sebab, gula dan pati akan menghasilkan asam paling banyak di mulut. Apabila asam tersebut berada di mulut terus menerus, gigi akan semakin rusak.

Jadi sebaiknya Anda mengurangi makanan manis seperti permen, kue, pai, keripik kentang, kerupuk, keripik, buah kering, dan kismis

4. Mengunjungi dokter secara teratur

Walaupun tidak ada masalah gigi dan gusi, Anda harus tetap mengunjungi dokter gigi. Dengan mengunjungi dokter gigi, Anda bisa tahu apakah gigi dan gusi Anda bermasalah. Jika masalah diketahui lebih awal maka tidak akan terjadi hal yang merugikan seperti gigi berlubang, gigi busuk, dan gusi bengkak. Kunjungan rutin ke dokter gigi juga memungkinkan gigi Anda bersih. Dua kali dalam setahun adalah waktu wajib mengunjungi dokter gigi. Jangan sepelekan dan menunda-nunda janji temu karena plak yang menumpuk dan karang gigi perlu dibersihkan oleh dokter gigi agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga.

5. Hindari merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan gusi. Keadaan parah akibat merokok adalah timbul penyakit periodontal yang merupakan penyakit gusi yang dapat mengakibatkan gigi Anda hilang, lidah menguning, bau mulut tidak sedap, penampilan mulut memburuk, kanker mulut, dan masalah serius lainnya.

Konsultasikanlah dengan psikolog agar Anda bisa benar-benar berhenti merokok demi kesehatan gigi dan gusi.

Tags: , ,

Related Post